Tag Archives: MOS

MEME day 1: MOS (Masa Orientasi Siswa)

Image

Okey, masa MOS saya sepertinya sangat datar dan flat. Artinya, ya MOS gitu-gitu aja. Ga ada hukuman atau perlakuan khusus ataupun tak khusus, normal maupun abnormal kepada saya. Jadi semua berjalan lancar dan baik-baik saja.

Jaman SD, saya ingat sekali sewaktu itu di tahun 1990. Dan itulah pengalaman pertama kali saya masuk sekolah. Saya ingat sekali di pagi itu saya baru masuk sekolah dan semua terasa baru bagi saya, asing, dan udara pagi tahun 90-an itu begitu menyegarkan. Saya ingat saya berdiri di lapangan sembari memegang tangan ibu saya yang setia menemani. Dan setelah itu, saya tak ingat apa-apa lagi, hehe.

Jaman SMP? Well jaman SMP saya bisa dikatakan saya bebas dari ikutan MOS. Kenapa? Karena saat itu saya dalam proses pindah sekolah, haha. Bukan karena saya berasal dari luar daerah, atau bagi kalian yang menebak saya berasal dari luar negeri, mohon maaf ya, saya tahu kok saya pantas banget tinggal di luar negeri atau pindahan dari SD London atau Paris gitu, tapi maaf bukan itu. Dahulu saya pindahan dari SMP di Jakarta, dan karena satu dan lain hal, saya tidak bisa bersekolah di Jakarta, jadinya saya dipindahkan orang tua saya ke SMP di Bekasi deket rumah. Dan itu memerlukan proses yang lumayan ribet. Alhasil, saya sudah masuk pas lagi Penataran P4 yang masih ada jaman dulu. Singkatannya apa, jangan tanya saya karena saya sudah lupa.

Oh ya, inget banget jaman dulu pas penataran saya sebangku sama anak yang lugu banget. Saya masih ingat sedikit-sedikit nih wajahnya. Namanya Ari kalo ga salah, bukan Arri yang ini ya, haha. Dan Ari itu asli pemalu banget dan saya pikir ini anak ga bakal macem-macem. Eh taunya, pas saya udah kelas 2 dan 3 saya dengar kalo si Ari itu jadi pemabok, suka tawuran bolos dan lain sebagainya, waduh untung saya ga ikut-ikutan ya.. Saya mah sukanya baca buku, ke mesjid, dan belajar *pencitraan yang ga ngaruh*

Udah itu doang yang inget MOS jaman SMP.

MOS jaman SMA? Lebih flat lagi. Saya ga ngapa-ngapain cuma disuruh dateng ke sekolah dengan membawa peralatan yang aneh-aneh macam tas dari kantong kresek, bendera, tali rafia, tali tambang, gesper yang ada lambang OSIS-nya itu dan apalah. Well, semua saya ikuti dengan baik. Dan karena lagi-lagi SMA saya deket rumah, jadi saya datengnya dengan berjalan kaki bareng dengan tetangga-tetangga saya yang deket juga sekolahnya, hehe. Ga ada lagi yang bisa diinget kecuali minta tanda tangan kakak-kakak senior, mulai dari yang biasa, sampe yang cakep-cakep.

Oh ya, saya ingat kenapa masa MOS saya dulu datar, karena memang dulu dari pemerintah sedang ada program bahwa masa orientasi tidak boleh terlalu berlebihan yang akhirnya akan menyebabkan kerugian di pihak siswa. Dulu tuh lagi banyak kasus-kasus murid yang celaka atau bahkan meninggal, dsb.

Udah deh, begitulah kedataran masa orientasi siswa saya haha.

Advertisements
Tagged , ,