Day 13: Favourite Goal

owen_argentina

Apakah gol favorit anda? Begitu banyak gol tercipta dalam sejarah sepakbola dan begitu banyak pula pemain hebat yang menciptakan gol tersebut. Sepakbola adalah panggung yang tepat untuk melihat para pemain menciptakan gol-gol spektakuler, apalagi bila pentasnya sekaliber Piala Dunia atau partai-partai penting lain, membuat siapa yang membuat gol tersebut tertulis dalam tinta emas sejarah panggung sepakbola dunia.

Saya akan menceritakan salah satu gol favorit saya. Ketika itu sedang berlangsung kejuaraan Piala Dunia 1998 di Prancis, dan saya ingat saya nonton dinihari bersama kakak saya di depan tv. Kakak saya seperti biasa tertidur pulas. Dulu bapak saya lagi dinas, saya ingat. Saya mana bisa tidur karena yang sedang main adalah Inggris. Saat itu saya menonton salah satu pertandingan seru yang terjadi di babak perdelapanfinal. Inggris harus berhadapan dengan salah satu kandidat kuat juara Argentina. Inggris dan Argentina adalah 2 negara digdaya sepakbola yang menjadikan partai mereka sebagai pertandingan klasik yang punya nilai historis tinggi. Di luar lapangan, sebagai negara, Inggris dan Argentina adalah 2 negara yang terlibat perang Malvinas, dan inilah yang mereka “bawa” hingga ke lapangan hijau. Saat itu pemain-pemain di kedua kubu masih menyimpan nama-nama legendaris, khususnya di bagian penyerang pada diri Gabriel Batistuta (Argentina) dan Alan Shearer (Inggris).

Dan itulah yang terjadi. Malam dinihari waktu Indonesia menjadi pertarungan seru tak terelakkan. Inggris saat itu punya penyerang belia pada diri Michael Owen yang menjadi salah satu pemain muda andalan untuk diduetkan bersama Shearer. Owen yang kala itu bermain di Liverpool menjadi pilihan utama pelatih Glenn Hoddle sebagai starter, karena sebelumnya di fase grup ia bermain cemerlang dan mencetak satu gol ke gawang Rumania.

Pertandingan berlangsung seru. Dari peluit babak pertama dibunyikan kedua tim saling melancarkan serangan. Argentina lebih dulu beruntung karena mereka mendapatkan penalti di menit ke-6 yang dikonversi dengan sukses oleh Batigol. Seakan tidak mau kalah, Shearer membalas juga dari titik putih di menit ke-9, dan skor sama kuat 1-1.

Di menit ke-16, keajaiban itu terjadi. Owen, yang waktu itu masih dianggap sebagai “bocah ingusan”, menerima umpan Beckham dari tengah lapangan. Dengan satu sentuhan, wonder boy Anfield itu menerima bola kemudian berlari secepat kilat menuju box penalti Argentina dengan melewati 2 pemain, yang terakhir paling saya ingat adalah Roberto Ayala. Dan dengan 1 tendangan mematikan ke pojok kanan gawang Carlos Roa, Owen berhasil menciptakan gol indah yang memadukan kecepatan, ketenangan dan finishing kualitas pemain kelas dunia. Inggris berpesta dan bukan sekedar menciptakan keunggulan, namun gol tersebut lebih dari sekedar gol karena telah menorehkan sejarah bagi Owen khususnya dan The Three Lions pada umumnya.

Sayang belum sampai berakhir babak pertama, Argentina membalas ketinggalan lewat set-piece tendangan bebas cerdik Juan Veron yang melihat Javier Zanetti berdiri bebas dan dengan mudahnya menceploskan ke gawang David Seaman. 2-2 dan kedua tim turun minum.

Di babak kedua, pertandingan sama kuat dan harus diakhiri dengan adu penalti. Adu penalti seperti biasa, bagaikan musibah bagi Inggris. Mereka lagi-lagi kalah atau tidak beruntung dari tos-tosan titik 12 pas. Tendangan David Batty yang diblok Roa menjadi penanda Argentina lolos ke perempatfinal dan Inggris harus pulang kampung. Hooligans lagi-lagi kecewa, namun Owen membawa cerita indah untuk dibawa ke negara Ratu Elizabeth dan juga menyebarkan pesona ke seluruh dunia lewat golnya itu.

Advertisements
Tagged , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: