Day 4: Earliest Football Memory

robertobaggiodeflatedvsbrazil1994_275x155

Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat adalah awal mula saya mengenal sepakbola. Kepala ini mulai bisa menangkap indahnya dari seni permainan sepakbola ketika siaran langsung pertandingan-pertandingan USA ’94 mengudara setiap pagi, kalau ga salah, ketika itu (karena perbedaan waktu AS – Indo). Mungkin saat itu saya masih ga terlalu paham banget apa itu sepakbola, tapi melihat keseruan dan keriuhan kompetisi sepakbola nomor 1 sejagat itu membuat saya tertarik, bahkan dahulu sampai hapal nama-nama pemain di luar kepala.

Saya ingat ketika itu ada potongan lembaran dari tabloid BOLA (ya, tabloid ini memang paling berjasa membentuk jiwa sepakbola saya haha) berisi nama-nama pemain negara peserta Piala Dunia ’94 lengkap mulai dari kiper hingga pelatih, dan saya bawa kemana saja saya pergi, sampe lecek. Dan dari situ saya mulai mengenal Romario, Roberto Baggio, Claudio Taffarel, Gianluca Pagliuca, Hristo Stoichkov, Martin Dahlin dan lainnya.

Tak hanya menonton, euforia USA ’94 pun membuat saya yang ketika itu masih kelas 4 SD menjadi gemar menendang-nendang bola di garasi rumah. Ceritanya saya dulu menjadi “anak titipan”, karena saya anak bontot yang harus merelakan kedua orang tua saya bekerja. Ketika ibu saya berangkat kerja, saya mau tak mau harus dititipkan ke tetangga depan rumah. Dan ketika itu salah satu kegiatan saya bersama teman-teman saya adalah menonton siaran tv siang-siang (saya inget banget itu siaran tunda, hehe). Tak lupa juga ketika main bola beneran, saya membayangkan diri saya adalah salah satu dari pemain Piala Dunia yang berada di lapangan. Bahkan sampe menganggap lapangan yang berada di deket masjid itu sebagai stadion beneran, hehe.

Momen paling seru saat itu tak lain adalah ketika adu penalti. Ya, adu penalti dalam pandangan Bimo kecil adalah suatu permainan seru yang tak membosankan. Jiwa-jiwa awal mengenal sepakbola, saya menggemari adu penalti. Bahkan menunggu-nunggu. Dan di Piala Dunia ketika itu ada beberapa momen adu penalti yang menarik untuk disaksikan, terutama tentu saja partai final yang mempertemukan Brasil vs Italia.

Sebagai “pengamat” baru sepakbola dan ketika itu sudah mulai kenal dengan AC Milan, tentunya saya lebih terpanggil jiwanya untuk mendukung Italia. Apalagi saat itu timnas Italia banyak dihuni pemain-pemain Milan macam Paolo Maldini, Mauro Tassotti, Alessandro Costacurta, Franco Baresi, Daniele Massaro, Roberto Donadoni, Demetrio Albertini dan lainnya. Well meskipun saya belum paham-paham banget saat itu namun beberapa kali saya sudah mengikuti kiprah Italia menuju final, dan kala itu Roberto Baggio menjadi protagonisnya.

Soccer - 1994 FIFA World Cup - Final - Brazil v Italy - Rose Bowl, Pasadena

Partai final yang dilangsungkan dini hari sampai menjelang subuh (karena tambahan perpanjangan waktu dan adu penalti) membuat saya yang ketika itu masuk sekolah pagi dan harus upacara, nonton dulu sebelum berangkat sekolah. Dan ketika adu penali dilangsungkan, menarik bagi saya karena saat itu Brasil sukses keluar sebagai juara setelah tendangan penalti Baggio jauh melayang diatas mistar.

Sungguh momen yang iconic dan monumental. Apalagi melihat ekspresi Baggio yang menangis seakan tak percaya tendangannya baru saja mengantar lawannya merengkuh gelar juara dunia. Saat itu saya belajar satu hal mendasar dari filosofi sepakbola bahwa kekalahan melalui adu penalti itu sangat menyakitkan, apalagi di partai puncak. Ngenes banget. Foto Baggio menundukkan kepala tanda penyesalan keesokan harinya menjadi headline koran dimana-mana. Dan bagi saya, hal itu menandai lahirnya suatu peristiwa bersejarah yang bertahan hingga kini, yaitu kegemaran akan sepakbola. Disitulah awal kenangan sepakbola saya.

Advertisements
Tagged , ,

2 thoughts on “Day 4: Earliest Football Memory

  1. welly prazh says:

    kl final piala dunia kl pas main pagi hari selalu ambil cuti atau bolos kuliah ahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: