Day 3: Leagues Do You Watch

serie a

Sejak saya mengenal sepakbola, saya telah mengenal paradigma bahwa di Eropa, benua yang menjadi salah satu patokan kiblat sepakbola selain Amerika Selatan, mengkualifikasikan 6 (enam) liga terdepan dari liga-liga di seluruh belahan dunia lain, yaitu Liga Italia (Serie A), Liga Inggris (Barclays Premier League/BPL), Liga Spanyol (La Liga), Liga Jerman (Bundesliga), Liga Prancis (Ligue 1) dan Liga Belanda (Eredivisie). Dari mana saya mendapat fatsun itu? Tentunya dari tabloid BOLA langganan sewaktu kecil, hehe. Keenam liga itu mendapat porsi berita terdepan, biasanya jadi headline media dan sasaran siaran langsung pertandingan, dimana secara bergantian dominasi ada pada Serie A dan BPL. Namun dewasa ini, semenjak klub-klub Spanyol menancapkan kukunya di kompetisi Eropa, apalagi pasca dominasi Barcelona di Spanyol dan Eropa, juga Real Madrid yang membangun skuad Los Galacticos, La Liga menjelma menjadi kompetisi nomor 1, jauh melewati Serie A yang kian hari kian terpuruk akibat banyaknya kasus, skandal, keributan suporter dan lain sebagainya. Namun La Liga masih mendapat “perlawanan” dari BPL yang relatif stabil hiruk pikuk dan daya saing klub-klubnya.

La Liga kian menjadi kompetisi nomor wahid dan makin lama mendapat jatah (koefisien) klub terbanyak yang berhak mengirimkan wakilnya di kompetisi Eropa, hampir sama dengan klub-klub BPL. Sedangkan Italia pasca kemenangan Internazionale di Champions League 2010, semakin menurun. Agak ironis kalau melihat kompetisi Spanyol hanya dikuasai oleh Barca dan Madrid saja. Sedangkan tim lain masih berusaha mengganggu hegemoni kedua tim tersebut, sebutlah sekarang Atletico Madrid yang berhasil merusak pattern dengan menjuarai La Liga 2014. Dahulu ada Valencia ataupun Sevilla, namun tidak berhasil.

Sedangkan Inggris, liga mereka termasuk salah satu yang seru dan merata kekuatannya. Berbeda dengan Spanyol ataupun Jerman (yang juga dikuasai Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund), di Inggris bisa sampai ada 5 tim yang saling berebut pucuk pimpinan liga. Meskipun beberapa tahun terakhir hanya duo Manchester saja yang menjadi juara, namun tim-tim macam Arsenal, Liverpool, Chelsea, Tottenham tak jarang memberikan perlawanan sengit. Hal serupa juga sebenarnya terjadi di Italia, dimana dahulu The Magnificent Seven (Juventus, Milan, Inter, Roma, Parma, Fiorentina, Lazio) tenar sekali karena 7 tim tersebut lah yang bersaing di papan atas Serie A. Akhir-akhir ini Napoli menjadi kekuatan baru yang selalu bersaing di zona Eropa liga.

banana-thrown-at-milan-player-in-serie-a-match

Well, karena AC Milan adalah tim favorit saya dari dulu hingga kini, maka Serie A lah yang menjadi liga favorit untuk ditonton. Mulai dari jaman masih ditayangkan RCTI hingga kini tak jelas rimbanya (sedih), Serie A menjadi liga kesayangan, khususnya kalau Milan yang ditayangkan. Kini menjadi suatu penyesalan besar karena Liga Italia tak lagi ditayangkan tv swasta, alasannya karena hak siar yang mahal, dan mungkin membuat stasiun-stasiun tv swasta tidak tertarik membelinya (bisa jadi karena ga balik modal) mengingat pamor klub-klub Serie A yang meredup dibanding La Liga maupun BPL.

Dahulu pecinta Serie A dimanjakan dengan tayangan langsung setiap minggunya, belum lagi highlights ataupun acara-acara pendukung lain. Namun kini, streaming menjadi alternatif atau nobar, atau kalo mau nonton enak ya langganan tv berbayar. Inilah kehidupan masyarakat pecinta sepakbola Tanah Air dewasa ini. Tapi saya tidak khawatir, karena kemudahan akses informasi berita yang super cepat, saya pun jadi terbiasa kalo tidak menyaksikan pertandingan Milan setiap minggunya. Mungkin kalo Milan main di partai final kompetisi Eropa, itu baru yang wajib tonton. Tapi kalo partai Serie A reguler, sudah wajar kalo paginya cuma liat di Livescore atau malah “nonton” di timeline Twitter, hehe.

Advertisements
Tagged , , ,

21 thoughts on “Day 3: Leagues Do You Watch

  1. jampang says:

    dulu waktu cuma ada tayangan serie A doank di tv sering nonton. sekarang udah banyak liga yang ditayangin malah jarang nonton πŸ˜€

  2. ayanapunya says:

    aku juga dulu nontonnya serie A doang. πŸ˜€

  3. All soccer freaks, read this: http://9gag.com/gag/a9dweE0

    πŸ˜‰

  4. welly prazh says:

    jaman masih kecil yg ditayangin di tv yg cm ada tvri ya EPL ma Serie A itupun tunda dan macam highlight kl yg langsung bundesliga. seru banget jmn dl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: