Day 2, Current Favourite Player

ronaldo

Kalau ada pertanyaan siapa pemain favorit saya akhir-akhir ini, jawabannya akan mencengangkan. Sebelumnya saya selalu memfavoritkan pemain-pemain yang membela AC Milan, dan sesungguhnya, saya tidak memiliki pemain favorit yang benar-benar favorit, hehe. Artinya pemain favorit saya selalu berpindah-pindah. Mungkin hanya pemain dengan loyalitas super macam Paolo Maldini yang sangat mendapat respek dari saya, atau dulu mungkin Andrea Pirlo menjadi favorit saya juga, tentunya sebelum pindah ke Juventus. Atau saya sempat menggemari Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva, sebelum hijrah lagi, atau juga kalau ditarik mundur lagi ke belakang, Andriy Shevchenko adalah pemain favorit saya. Oh ada satu lagi di tingkat tim nasional, saya menyukai Alan Shearer sewaktu ia masih membela Newcastle United dan menjadi striker andalan timnas Inggris. Saya ingat betul bagaimana saya menggunting poster dari tabloid BOLA ketika saya kecil, dan membingkai poster itu untuk diletakkan di atas meja belajar, hehe.

Dan kini, bila pertanyaan serupa ditanyakan kembali kepada saya, saya bisa menjawab bahwa pemain favorit saya saat ini adalah Cristiano Ronaldo. Bukan favorit sih tepatnya, namun saya menganggap Ronaldo adalah pemain yang saat ini pantas menjadi bintang dan berada di atas pemain-pemain sepakbola lainnya, bahkan bila dibandingkan dengan Lionel Messi sekalipun. Kenapa? Berikut saya sampaikan beberapa alasannya.

Ronaldo (CR7) adalah pemain dengan skill super lengkap dan juga mumpuni dalam urusan mencetak gol. Baik kepala, kaki kanan, kaki kiri dan semua elemen yang ada pada dirinya bisa menghasilkan gol. Pun dari segala cara permainan, baik open play maupun set piece, penalti, tendangan bebas, dan semuanya, mampu dikonversi menjadi gol. Apa lagi? Well, gaya bermainnya pun luar biasa. Dribbling nya yahud, gocekan nya maut. Dia orang Eropa namun saya bisa menjamin bahwa talenta seperti pemain Brasil pun belum tentu bisa melebihi skill individunya. Gocekan ala The Phenomenon Ronaldo Nazario sebelum mencetak gol dengan cara melewati satu dua pemain lawan atau yang lebih dikenal dengan step over, lekat sudah menjadi trade mark CR7. Ada lagi, gocekan Ronaldinho yang saya pikir tidak ada pemain lain yang mampu menduplikasinya, sukses beberapa kali dipraktekkan Ronaldo. Oh ya, jangan lupa ketika baru-baru ini ia juga mendemonstrasikan tendangan bebas menyusur tanah melewati hadangan pagar pemain yang melompat, juga pertama kali dikenalkan Dinho ke publik dunia.

Itu kalau bicara skill. Kalau bicara gol dan juga rekor, boleh juga. Ronaldo meskipun bukan striker murni, tapi koleksi golnya jauh lebih banyak dibanding striker beneran. Ia yang biasa beroperasi lewat sayap, menyusur garis pertahanan, mendekati gawang untuk kemudian menendang bola dengan keras, jauh lebih tajam dibanding striker target man yang kerjaannya hanya ngendon di depan gawang. Banyak gol juga dibarengi dengan rekor tentunya. Banyak pula rekor yang ia pecahkan seperti misalnya, ia melangkah pasti untuk menjadi pencetak gol terbanyak Real Madrid sepanjang masa hanya dalam kurun waktu dibawah 5 tahun, dan lain sebagainya yang tentunya tidak cukup disebutkan disini satu persatu.

ronaldo5

Mungkin hanya di level internasional saja Ronaldo masih harus membuktikan diri. Well, ini juga yang menjadi problematika saingannya, Messi di timnas Argentina. Digdaya di level klub belum menjadi jaminan sukses di tingkat internasional. Dan ini yang menjadi PR dan harus mereka buktikan di gelaran Piala Dunia sebentar lagi. Namun bila ditilik lebih dalam, ada 1 keunggulan Ronaldo bila dibandingkan dengan Messi di tim nasional, bahwa CR7 selama ini lebih mampu mengangkat timnas Portugal secara individu, dibanding Messi di Argentina. Mungkin bahasa yang lebih tepat adalah, CR7 merupakan pemain yang mampu membuat perubahan/pembeda di timnas Portugal. Hal ini berbeda dengan Messi yang sepertinya agak “tenggelam” di Argentina. Messi bisa menjadi pembeda di Barcelona tapi belum terbukti di Argentina. Sedangkan Ronaldo, baik di Madrid ataupun Portugal, adalah tipikal pemain penentu. Namun dampak buruknya adalah, Portugal jadi tidak ada apa-apanya tanpa Ronaldo.

Yang paling membuat saya simpati kepada Ronaldo, ia adalah seorang yang dermawan dengan tingkat kepedulian sosial yang sangat tinggi. Banyak berita-berita yang menyebutkan kedermawanan dia dalam berbagi. Ia menyumbang hartanya untuk anak yang sedang dioperasi, membangun sekolah atau apa gitu di daerah konflik di Palestina, dan kalau kalian masih ingat ia juga menyumbang untuk Martinus, bocah korban tsunami asal Aceh yang dahulu ditemukan terombang ambing dengan memakai jersey Ronaldo. Well, terang aja ya duitnya banyak haha. Kalo saya punya uang banyak juga pasti nyumbang kayak dia. Eh tapi belum tentu juga lho, banyak orang duitnya banyak tapi ga mau nyumbang juga ada. Jadi ya, salut buat Ronaldo.

Meskipun dibalik segala kelebihan tetap ada beberapa sentimen pribadi yang membuat saya kadang males sama Ronaldo. Seperti misalnya, banyak yang bilang ekspresi dan mimik wajah Ronaldo itu ngehek ngeselin haha, kadang bener juga. Masih terbayang ketika Ronaldo menjadi biang kehancuran Inggris di Piala Dunia 2006, dengan tendangan penaltinya yang membuat Three Lions harus pulang kampung, ditambah sebelumnya menjadi lakon yang membuat Wayne Rooney dikartu merah wasit, hehe. Segala kontroversi dan kelebihan itu mungkin yang membuat CR7 menjadi pemain terbaik dunia, dan juga menjadi pemain termahal dunia sebelum dikalahkan kompatriotnya, Gareth Bale.

Advertisements
Tagged , , , ,

4 thoughts on “Day 2, Current Favourite Player

  1. jampang says:

    ronaldo lagi on fire yah… meski madrid nggak dapat apa2 musim ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: