[album review] OneRepublic – Native (2013)

OneRepublic-Native-2013-2000x2000Hampir saja saya menulis OneRepublic menjadi One Direction. Dua kelompok musik yang sangat berbeda jauh. Yang satu adalah band yang sebenarnya tidak terlalu saya suka, sedangkan satu lagi adalah boysband yang dari segi style sangat keren-keren (dan menjadi trendsetter busana cowok), minimal menurut saya haha. Maksudnya dulu saya pernah lihat video klip nya One Direction dan berkata “gayanya keren-keren juga”. Oke sekian.

Yang ingin saya review albumnya kali ini adalah OneRepublic. Dan OneRepublic ini sebenarnya saya ga terlalu kenal dengan band-nya, dan lagu mereka yang membuat tenar pertama kali, yaitu Apologize itu masuk dalam list lagu yang saya ga terlalu suka. Tapi dalam album kedua mereka kemarin, lagu yang berjudul Good Life justru saya seneng banget, sampe saya jadikan ringtone handphone, haha. Dan semenjak mereka mengeluarkan album terbaru beberapa hari ini yang bertitel Native, saya jadi penasaran ingin mendengar lagu-lagunya lebih dalam. Berisi 12 lagu, album ini menjadi album ketiga mereka semenjak berdiri tahun 2002 silam. Dan sangat tidak diduga, album ini bagus! Minimal menurut telinga saya. Banyak lagu-lagu di album ini yang menawarkan musik sederhana namun tetap menjadi ciri khas mereka, yaitu soung-sound unik dan alunan nada yang tak biasa namun tetap melekat. Kualatlah saya.

Album dibuka dengan track pertama yaitu Counting Stars. Lagu ini sangat easy listening dan tak perlu berkali-kali anda mendengar untuk memahaminya. Dan single hit pertama dari album ini yang menjadi track 2, yaitu If I Lose Myself Tonight, pastinya akan sering anda dengar di radio-radio atau bahkan di music video belakangan ini. Lagu ini bakal memiliki efek ledak seperti 2 hits mereka sebelumnya yaitu Apologize atau bahkan Good Life. Kemudian diikuti oleh 2 track selanjutnya yaitu Feel Again dan What You Wanted yang sama-sama nikmat dan ear catching untuk didengar.

Begitu juga dengan Track 5 yaitu I Lived. Dentingan gitar pada intro dan alunan pada reffrain menjadikan lagu ini cocok bila dibawakan secara akustik. Agak sedikit bias pada track selanjutnya, tetapi agak ditenangkan dengan track berjudul Can’t Stop yang memiliki nuansa dark namun elegan. Setelah itu, tempo agak melambat dengan lagu berjudul Au Revoir. Namun jangan buru-buru mematikan audio anda karena di lagu selanjutnya, adalah lagu terbaik di album ini. Yep, lagu tersebut berjudul Burning Bridges.

Burning Bridges adalah lagu one stop dimana ketika anda mendengarnya untuk kali pertama, anda tak bisa lepas dari liriknya, artinya lirik dan nada lagu tersebut akan terus menempel beberapa saat dan anda akan mengingatnya setelah mendengar lagu tersebut, dan beberapa kali didengar lagi, BANG! Lagu itu memiliki tingkat kesahihan sempurna sebagai the best track.

Setelahnya, ga usah terlalu dipusingkan. Album ini memang bagus tapi memang ga bisa dibilang istimewa juga. Tambahan beberapa bonus track berupa versi akustik dari If I Lose Myself Tonight dan Burning Bridges juga seakan hanya menjadi pelengkap belaka. So, bagi kalian yang mencari lagu-lagu simple namun tetap menarik, album ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Rate: (3/5)

Advertisements
Tagged , , , ,

19 thoughts on “[album review] OneRepublic – Native (2013)

  1. One Direction? Huahahahaha
    Jadi inget plesetan..
    Berikan aku 7 pemuda alay…akan kujadikan mereka boyband.

  2. teguh says:

    Besok pagi harus download album ini! Hosh!!

  3. tinsyam says:

    enak tuh counting stars & burning bridges.. OneR kog kaya merek baju juga..

    oneD juga enak, abegeh abis..

  4. Tri Januari says:

    Burning bridges dan If I Lose My Self keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: